Rabu, 11 Maret 2009

Impedansi

Impedansi (Z) merupakan gabungan dari hasil reaksi hambatan dan kapasitas elektron. Impedansi merupakan perhitungan secara total dalam ohm dari seluruh rangkaian elektrik untuk sinyal langsung yang meliputi resistansi, reaktansi, kapasitansi, dan seluruh faktor mekanikal yang menimbulkan hambatan dari transfer energi dalam sistem elektrik tersebut.

Headphone yang beredar di sekitar kita ada banyak variasi impedansinya. Ada yang 24 ohm, 32 ohm, 50 ohm, 64 ohm, 70 ohm, dst. Umumnya, headphone dengan impedansi rendah, dibawah 100 ohm, digunakan untuk mobile players dan PC. Sedangkan headphone dengan impedansi lebih tinggi digunakan untuk home audio, amplifier, dsb. Lebih spesifik lagi, speaker mobil biasanya mempunyai impedansi sekitar 4 ohm, sedangkan speaker home audio biasanya memiliki nilai 8 ohm. Headphone untuk PC biasanya sebesar 32 ohm, sedangkan earphone umumnya memiliki nilai sekitar 16 ohm.

Nah, bagaimana kalau ada dua headphone yang dipasang seri? Bagaimana kalau paralel?
Berdasarkan teorema transfer daya maksimum, transfer daya akan maksimum jika resistansi beban sama dengan resistansi internal sumber. Dengan kata lain, transfer daya maksimum akan terjadi apabila resistansi headphone sama dengan resistansi mp3. Ketika terdapat dua headphone yang impedansinya sama dan dipasang paralel, resistansi beban akan menjadi setengahnya (menjadi lebih kecil dari sebelumnya). Hal ini mengakibatkan daya yang dibutuhkan oleh headphone menjadi lebih kecil pula, sehingga daya yang ditransfer dari mp3 ke headphone mengalami penurunan.



















Namun apabila terdapat dua headphone dengan impedansi sama dan dipasang secara seri, maka resistansi beban akan menjadi dua kali lebih besar. Berkebalikan dengan keadaan sebelumnya, kebutuhan akan daya pada headphone menjadi lebih besar. Transfer daya yang dilakukan juga memiliki keterbatasan, tidak lebih dari jumlah daya yang ditransfer pada saat keadaan resistansi beban = resistansi internal sumber yang menimbulkan transfer daya maksimum.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

produktif, produktif, coba gak ada tugs elkin, pasti dah tenggelam nih blog kamu lupain,..

kekekeeee,,..

produktif dikit lahh, itu di leb kan udah enak internetan.

..Quchie.. mengatakan...

elektroo.. hoho.. chie juga lagi belajar ttg ini.. >.<

betewe.. ini buat tugas?? wedew.. gaH0uLz tugasny di blog..

angga chen mengatakan...

hallo salam kenal aja..nice artikel...thanks ya