Sabtu, 16 Februari 2008

Jati diri

“People often say that this or that person has not yet found himself. But the self is not something one finds, it is something one creates.” [Thomas Szasz]

Waktu SMA dulu saya pernah ditanya sama seorang senior, salah satu pertanyaan beliau tentang jati diri. Waktu itu saya jawab aja “hmm,, masih bingung”. Pikiran saya saat itu, ngebahas masalah kyk gini mah ntar2 aja deh. Males bgt deh tiap diajak ngomongin filosofi2, dsb. Aturan hidup let-it-flow bgt dah, sekarang juga ga jauh berubah. =d

Nah, kalo skrg2 saya ditanya lagi ttg jati diri, sudah bisa jawab dengan mantapkah?

Maunya jawab: ‘Insya Allah, seorang muslimah’ Tapiii,, susah buat mantap bilang gitu. Abis, saya masih suka ngerasa kurang ngejaga diri uy. Masih bandel pisan (kalo bahasa temen2 maen saya, masih bejat ;P).

Gimana kalo saya jawab ‘Saya adalah Warga Negara Indonesia’? Hmm, ga yakin tuh. Nasionalisme dalam diri saya encer. Kalo dalam bahasa kimia, molaritasnya keciiiil bgt. Pdhl uda 12 taun dicekokinbelajar PPKN! Apalagi setelah muncul blog “I hate I****” itu. Jadi ngga yakin ama negara sendiri. Yah, ga mustahil sih kemiripan bendera ma lambang negara kita dengan negara-P sekedar kebetulan. Tapi ko segitu miripnya yah..? *still looking for a good explaination*

Atau mungkin saya bakalan ngejawab, “ Saya MTI”..? Padahal stiap urusan kuliah ma himpunan bentrok, prioritas tentunya dimenangkan mutlak milih kuliah. MTI tunggu dulu. Yg kayak gini masih berani ngaku MTI..!? *Sigh* Ikut NGT ajah kagak (di awal niat bgt jadi anggota biasa, di ahir ngga banget, jadi kalo dirata2in setengah niat =p). Padahal, dalam waktu singkat aja, udah bgitu banyak yang saya terima dari keluarga yg satu ini. Ko bisa saya inkonsisten gini..!?

Nah, kalo gitu mo jawab “Mahasiswa Teknik Industri ITB”..? Ah,,apa sih yg udah saya kasih buat institut terbaik bangsa ini..? Bahkan untuk bikin IP bagusan dikiit aja blajar lebih baik, supaya uang rakyat –fyi, seorang mahasiswa ITB dalam setahun menghabiskan dana 25 juta rupiah- gak kebuang sia2, saya masih sering kalah ama rasa males. Buku2 kuliah bukannya dibaca malah dijadiin penghias lemari.

Yaudah disederhanain lagi, saya mahasiswa. Salah satu dari sedikit manusia Indonesia yg mendapat keistimewaan untuk merasakan bangku kuliah. Menjadi harapan bangsa yg kelak dapat memberi kemajuan di negeri ni. Tapi, heu, kyknya di kabinet saya lebih banyak nyampah daripada kontribusinya. *Sigh(lagi)* Ngerjain proyek gak kelar2. Punya dasar gak mantap. Nentuin tujuan blur. Bikin target dampak kurang konkrit. Inkonsistensi komitmen. Ayo kritisi, kritisi, kritisi!

Hmm, mungkin saya jawab aja,

“Saya ya saya. Ilma Jayanti.”

Haduh..!! NGGAK deskriptif bgt. Ilma teh sapa..? Masa mo pake jawabannya ga meaning gitu. Jawab Ilma is Mail..? Makin ga meaning..

Gimana kalo jawabannya gini:

“(senyum) Halo. Pakabar. (salam) Saya Ilma Jayanti, TI ITB ‘06. Buat 2 minggu ke depan, saya ama 2 temen saya yang jadi LO tim ini. Mohon kerjasamanya ya. Kalau butuh bantuan atau pertanyaan2 ttg I****, tanya ke kita aja. Ok,ok..?”. Lho,,lho,,lho,,emgnya perkenalan LO apa, Mbakyu..?

Ataukah saya bakal tetep eskapis dan jawab “masih belum nemu bikin” =P. *Sigh*

Buat yang pernah baca novel Ayat-ayat Cinta, pasti familiar dengan kalimat di bawah ini. Btw, penasaran dengan filmnya ni. Kira2 harus nunggu berapa bulan ya supaya film tsb ditayangin di TV..? Hehehehe.. =p

“Seseorang dengan tujuan yang jelas akan membuat kemajuan walaupun melewati jalan yang sulit. Seseorang yang tanpa tujuan, tidak akan membuat kemajuan walaupun ia berada di jalan yang mulus.” [Thomas Carlyle]

Atulah, gimana mo punya tujuan kalo nentuin jati diri aja gak selse2..? DARI DULU!!?? *Sigh, sigh, sigh (mumet)* Sepertinya saya terlalu pengecut buat mengakui jati diri saya. Takut buat mempertanggung jawabkan amanah2 yg harus dikerjakan. Takut seandainya gagal dalam perjalanan menjalani peran diri yg telah diambil itu. :l

-dengan amat sangat, mohon kritisi-

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sebelumnya, ngrekomendasi buku dulu yah,..

Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Dpean (MHMMD) oleh Marwah Daud Ibrahim, Ph.D. Akan sangat membantu untuk menemukan siapa kita dulu, kini, dan nanti. Bukunya ada di aku. Sok ajah pinjem secepatnya.

Tentang jati diri,... gampangnya seperti ini:
"segala sesuatu yang kita pilih untuk kita jalani, adalah berasal dari nurani kita. nurani selalu bisa dipercaya. nurani selalu menyimpan jati diri terdalam kita."
"mungkin benar, akan butuh petualangan sehebat columbus. atau butuh peperangan sedahsyat perang kemerdekaan. atau butuh perenungan sedalam einstein."
"tapi yang paling benar adalah, jati diri kita akan selalu ada di dasar nurani. terserah mau bagaimana dan berapa lama mendapatkannya, aku hanya berpesan satu: jati diri kita adalah cinta."

Anonim mengatakan...

Sebenarnya gak perlu cari kata yang pas buat melambangkan jati diri. Karena akan ada dua kemungkinan yakni memang belum menemukan jati diri tersebut atau memang jati diri terlalu susah untuk dilambangkan dengan kata-kata. Klo sekarang belum tau jati diri gpp koq seiring dengan makin banyak pengalaman hidup ntar juga bakalan ketemu jati diri yg sesungguhnya. Dan juga jati diri bukan merupakan suatu kata yg tunggal karena manusia memang di kenal multiatribut, tergantung mau dilihat dari perspektif mana. Suatu saat nanti mungkin kamu akan bisa berteriak lantang..."Inilah Saya yg Sesungguhnya...!"